Bupati Boyolali Seno Samodro “Tahun 2017 Beberapa Rekor Nasional  Saya Pecahkan”

  • Fakta.News - 20 Jan 2018 | 07:10 WIB
“Tahun 2017 Beberapa Rekor Nasional  Saya Pecahkan”
Mendapat penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif(Foto: boyolali.go.id)

Boyolali – Rupanya tak sia-sia upaya keras Bupati Seno Samodro untuk menjadikan Kabupaten Boyolali sebagai daerah Investasi. Kerja keras Seno Samodro akhirnya membuahkan hasil, dengan meraih penghargaan katagori investasi di ajang Bupati Entrepreneur Award 2017 yang digelar lembaga Kellog Innovation Network (KIN) ASEAN.

Penghargaan itu, awal Desember tahun lalu, diserahkang langsung oleh Professor Rob Wolcott, seorang profesor marketing dari Kellog Graduate School of Management. “Menjadi kebanggan tersendiri bagi Boyolali. Dari penghargaan ini, Boyolali semakin dikenal,” kata Bupati Boyolali, Seno Samodro,

Sebenarnya, Kabupaten Boyolali ini, sudah kebanjiran penghargaan untuk beragam prestasi kinerjanya. Lihat saja, tahun 2017 lalu, Kabupaten Boyolali untuk ke-12 kalinya meraih penghargaan Adipura.

”Bravo. Dua belas kali Boyolali mendapat Adipura berturut-turut. Artinya 12 tahun yang luar biasa. Terima kasih bagi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boyolali yang telah menunjukan hasil kerja yang hebat,” ujar Seno.

Penghargaan bergengsi lainnya yang diraih Boyolali di bawah Seno Samodro, yaitu penghargaan sebagai Pemerintah Daerah dengan kinerja dan Tata Kelola Baik, dalam acara Anugerah Pandu Negeri (APN) 2017. Apresiasi tersebut digagas oleh Yayasan Tata Kelola Pengembangan Indonesia melalui Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) bekerjasama dengan TEMPO.

Seno 3

Menerima penghargaan sebagai Pemerintah Daerah dengan kinerja dan Tata Kelola Baik, dalam acara Anugerah Pandu Negeri (APN) 2017 (Foto: boyolali.go.id)

Pengabdian Seno Samodro selaku Bupati Boyolali dalam memimpin daerahnya, juga  dianggap berhasil oleh berbagai lembaga maupun instansi. Salah satu lembaga, Seven Media telah mengumpulkan data dari tim penilainya memberikan apresiasi penghargaan bagi Bupati pasangan M. Said Hidayat ini. Melalui ajang Seven Media National Awards for Local Government 2017, Bupati Seno dinobatkan sebagai Top Regent of the Year 2017. Diserahkan di Fashion Hotel Legian-Bali, pada awal Desember tahun lalu, bersama sejumlah kepala daerah lain di Indonesia.

Boyolali juga meraih dua penghargaan Adiwiyata Mandiri. Penghargaan ini diberikan kepada SDN Surodadi dan SDN Mulyosari di Kecamatan Boyolali Kota. Penghargaan tersebut diberikan kepada sekolah yang secara terus menerus sukses dalam menerapkan program lingkungan, yakni menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, rapi, sejuk, hijau, dan lainnya.

Selain itu, kreatifitas dan inovasi yang dikembangkan Seno Samodro ini, juga cukup menarik. Sehingga Bank Indonesia (BI) pun menganugerahi Seno Samodro sebagai bupati yang inovatif untuk menjaga tingkat inflasi di daerahnya.

Nah, seperti apa saja kreatifitas dan inovasinya untuk membangun dan memajukan Boyolali? Berikut ini wawancara Bupati Boyolali Seno Samodro dengan Tim Fakta.News, November lalu di Wisma Tamu miliknya, di Boyolali.

Apa yang Anda rasakan dengan kinerja untuk memajukan Kabupaten Boyolali sepanjang tahun 2017?

Tahun ini adalah tahun yang paling membanggakan untuk saya, karena tahun ini beberapa rekor nasional saya pecahkan, ibarat seorang atlet yang mendapatkan rekor

Rekor yang pertama, adalah belanja pegawai, belanja pegawai itu tahun ini kami bisa mencapi 41%. Sementara seluruh kementerian saja belanja pegawainya di atas 50%.

Boyolali kini rekornya 41%, padahal saat ini saya sedang menggebrak untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai, sehingga belanja pegawai membengkak 4%. Kendati begitu tetap masih the best di Indonesia, BPK pun gak bisa, menteri keuangan pun selalu di atas 50% belanja pegawainya.

BACA JUGA:

Tulis Komentar